Proses Pendewasaan diri

Terkadang hidup itu memang penuh dengan sebuah pilihan.Dari yang termudah hingga yang sulit.Tapi itulah yang harus kita hadapi.Masalah bukanlah hal yang harus kita hindari,justru masalah adalah hal yang harus kita hadapi.Sesulit apapun keputusan itu,kita harus berani mengambil pilihan.Mengambil sebuah keputusan yang besar adalah salah satu dari sebuah proses pendewasaan diri.
Setiap orang pasti pernah menghadapi suatu masalah.Entah itu di lingkungan keluarga,sekolah maupun kantor.Berat atau tidaknya suatu masalah pasti membutuhkan sebuah penyelesaian dan sangat individual sifatnya.tapi jika masalah itu Anda hadapi dengan bijak maka setiap masalah akan Anda anggap sebagai sebuah proses pendewasaan diri.Tapi bagi yang memiliki jiwa yang kerdil,maka masalah akan dianggap sebagai sebuah mimpi buruk yang menjadi kenyataan dan selalu memikirkan masalah tersebut bukan mencari jalan keluarnya.

Yang terpenting saat Anda memiliki masalah adalah memikirkan cara yang tepat untuk menyelesaikannya.Jangan pernah mendramatisir masalah Anda dan merasa masalah tersebut sangat berat untuk Anda.Karena mendramatisir masalah bukan terapi yang mampu menemukan jalan keluarnya tetapi hanya kan membuat Anda semakin stres.
Mengeluh hanya akan membuat masalah menjadi semakin berat. Yang harus anda lakukan adalah berpikir secara jernih, posisikan masalah pada sudut pandang yang tepat. Apabila anda ingin mengungkapkan masalah, katakan fakta-fakta yang benar dan objektif.
Peringatkan diri anda sendiri bahwa jangan mendramatisir setiap kali akan membicarakan masalah pada seseorang.Pikirkan dampak akibat dramatisir tersebut, sudah pasti akan negatif. Karena lingkungan tidak menyukai dan tidak mempercayai hal-hal yang dramatik.
Bagi anda yang berpotensi mendramatisir masalah perlu lebih waspada. Karena kondisi ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan mental anda. Orang-orang dengan tipe ini akan selalu dibayangi rasa cemas, ketakutan dan pikiran negatif. Orang yang senang mendramatisir masalah sesungguhnya hanya menciptakan kesalahan diatas kesalahan.
Hal yang tidak kalah penting, jangan sekalipun menceritakan masalah anda dalam pikiran yang kalut. Karena kondisi yang emosionil dan tidak stabil membuat anda tidak objektif lagi dalam memandang setiap persoalan. Kondisi seperti ini akan membuat anda mengambil keputusan yang salah dan fatal.Banyak orang yang tidak berhasil menyelesaikan masalahnya karena selalu menutup mata dan sibuk mencari dukungan serta perlindungan. Saat tidak satupun orang yang memberi dukungan, anda akan menyalahkan masalah itu sendiri. Pikiran anda akan dihantui rasa penyesalan dan selalu menyalahkan diri sendiri. Jika hal ini terus ada dipikiran anda, maka anda akan merasa bahwa hidup ini tidak adil.
Apabila hal ini anda alami, hentikan pemikiran buruk ini. Karena sebenarnya setiap masalah merupakan proses dalam hidup yang terus berjalan. Selama anda berkutat pada penyesalan dan mengeluh masalah, anda melupakan hal tentang bagaimana mencari jalan keluarnya. Jadi jangan terpuruk dalam suatu masalah, bangkitlah dan susun rencana hidup anda selanjutnya. Tenangkan hati, agar anda bisa berpikir jernih untuk mencari penyelesaian masalah anda.

2 komentar:

  1. hidup memang terlalu singkat iah mas...

    jalani ajaaaaah.....

    walau terkadang....

    hehehehehe......

    semangat ,,

    terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. Luka, seberapa besar dalamnya, pasti akan menutup kembali.

    BalasHapus

Budayakan komentar yang baik dan tinggalkan jejak Anda disini.setiap komentar Anda sangat membantu saya untuk semangat tetap menulis :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...